Jenis – Jenis Kayu Jati Yang Sering Digunakan Untuk Bikin Pintu Jati Minimalis       

Pintu Jati Minimalis

Pintu jati minimalis sampai saat ini masih memiliki banyak sekali peminat bukan. Bahkan masih menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pintu mereka. Tentu saja di sini untuk pemilihan pintu ini pun bukan tanpa alasan. Sebab memang dipergunakan untuk mempercantik penampilan sebuah rumah mereka bukan. Bukan hanya itu, bikin rumah ini akan menjadi semakin cantik. Maka untuk itu, pintu ukiran jati ini dengan menggunakan bahan kayu jati bukan. Sudah pasti akan mampu meningkatkan eksistensi dari si pemilik rumah bukan. Sehingga memang tidak bisa dipungkiri. Jika untuk kayu jati ini memang tetap menjadi andalan bahan terbaik. Terutama dalam pembuatan mebel untuk rumah tangga.

5 Jenis Kayu Jati Yang Sering Digunakan Untuk Bikin Pintu Jati Minimalis

Nah, hal ini juga berlaku untuk pembuatan pintu bukan. Terlebih jika memang kayu ini telah diukur dengan desain yang menarik. Maka dalam hal ini pun akan semakin rumit ukiran yang dibuat. Tentu saja di sini akan membuat harga dari pintu itu sendiri pun semakin mahal. Jika anda ini memang termasuk salah satu orang yang memang cukup menggemari model pintu ukiran dengan berbahan kayu. Sudah pasti anda pun akan memikirkan banyak sekali pertimbangan bukan. Terutama pada pemilihan model, ukuran, serta bahan pintu kayu jati bukan. Dan berikut ini adalah ulasan terkiat jenis kayu jati yang sering digunakan untuk bikin pintu jati minimalis diantaranya:

  1. Kayu jati rakyat

Seperti yang kita tahu kayu jati rakyat ini memang kebanyakan memiliki batang yang bengkok. Dimana dari segi pertumbuhan kayu jati rakyat ini. Sudah pasti memiliki masa pertumbuhan yang jauh lebih lama. Jika dibandingkan dari jenis bahan kayu jati emas. Dimana pertumbuhan kayu jati rakyat ini pun siap di tebang. Serta digunakan untuk produksi meubel mulai dari 15 – 25 tahun. Akan tetapi dengan lamanya masa tumbuh ini. Maka dapat menjadikan pori – pori pada kayu jati jenis ini pun lebih padat jika dibandingkan kayu jati emas.

  1. Kayu jati emas

Untuk jenis kayu jati emas ini merupakan kayu jati yang memang paling banyak dibudidayakan. Selain itu juga dikembangkan oleh masyarakat. Dikarenakan untuk pohon jati dari jenis jati emas ini memiliki masa pertumbuhan yang memang lebih cepat. Jika dibandingkan dengan jenis jati yang lain. Selain itu hanya dalam kurun waktu 7 hingga 15 tahun saja. Maka pohon ini pun sudah tumbuh besar dan siap untuk tebang bukan. Dengan usia yang memang semacam ini, maka sudah pasti siap untuk digunakan. Sehingga dapat dijadikan furniture lain. Misalnya saja seperti kursi, almari, bufet, bed frame dll. Hanya saja kayu jati emas ini memiliki pori – pori yang memang sedikit lebih besar.

  1. Kayu jati perhutani

Untuk jenis kayu jati ini memang bisa dikatakan bahwa ini adalah jenis kayu jati yang paling spesial. Selain itu istimewa karena jenis kayu jati ini memang dirawat langsung oleh dinas perhutani. Dimana masa pertumbuhan kayu ini sendiri sangat lama. Yakni dari 20 tahun hingga ratusan tahun. Dimana setiap penebangan kayu jati perhutani ini memang harus melalui seleksi. Guna untuk memastikan jika kayu yang digunakan memang sudah sesuai dengan standart perhutani atau belum.

Nah, itulah ulasan terkait beberapa macam jenis kayu jati untuk bikin mebel. Semoga bermanfaat serta dapat anda jadikan ide ketika pilih bahan kayu.